04 November, 2017

Pantai Kuta


Pantai Kuta Bali – Hampir sebagian besar orang di Indonesia mungkin sudah mengenal dengan namanya Pantai Kuta di Bali meskipun dari sebagian besar orang yang mengetahui tersebut, sebagian besarnya belum pernah ke Pantai Kuta atau bahkan ke Bali. Pantai Kuta merupakan salah satu pantai terpopuler di Bali yang garis pantainya mencapai 3 kilometer yang telah populer kurang lebih sejak awal tahun 70an lalu.



Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang terletak di wilayah Kecamatan Kuta yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Badung, Bali. Pantai Kuta ini terkenal sebagai sunset beach (pantai matahari terbenam). Julukan tersebut bertolak belakang dengan  dengan Pantai Sanur di Kota Denpasar yang terkenal sebagai sunrise beach.

Saya akan banyak mengulas mengenai tempat wisata terkenal nomor 1 di Bali serta nomor 3 paling sering dicari di google setelah Tanah Lot dan Pantai Pandawa dalam artikel nnoart kali ini. Segala informasi tentang Pantai Kuta baik itu asal usul atau sejarah Pantai Kuta, lokasinya, daya tarik wisata, apa saja yang dapat dilakukan disana, cara atau jalan menuju Pantai Kuta, fasilitas yang tersedia, tarif atau harga semua yang ada di Pantai Kuta, hotel dekat Pantai Kuta Bali (hotel murah hingga hotel bintang), tempat makan atau restoran dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Pantai Kuta ini. Tidak lupa catatan perjalanan penulis serta foto/gambar lengkap Pantai Kuta Bali ala nnoart bisa dilihat sepanjang tulisan ini.
Berdasarkan informasi dari Wikipedia, sebelum Pantai Kuta menjadi tempat wisata, terlebih dahulu menjadi pelabuhan dagang tempat dimana para pembeli dari luar Bali membeli produk lokal Bali. Seorang pedagang Denmark bernama Mads Lange mendirikan tempat perdagangan di Kuta setelah kedatangannya ke Bali pada abad XIX. Raja-raja Bali maupun Belanda sangat mengenalnya oleh karena keahlian bernegosiasi yang dimiliki Mads Lange ini.

Buku berjudul “Praise to Kuta” yang ditulis oleh Hugh Mahbett mengajak masyarakat Bali untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Buku ini akhirnya menjadi inspirasi banyak orang untuk membangun berbagai fasilitas wisata seperti restoran maupun warung makan, hotel dan penginapan, tempat hiburan serta pusat perbelanjaan di sekitar pantai Kuta.

Pada awal tahun 1970-an, Pantai Kuta menjadi sangat populer di seluruh dunia, setelah puluhan tahun sebelumnya Pantai Sanur terlebih dahulu memperoleh popularitas seperti itu. Sejak Pantai Kuta terkenal itulah, Bali mengandalkan pantai ini sebagai primadona wisatanya selain Pantai Sanur.
 Info lainnya mengatakan bahwa dulu Pantai Kuta merupakan habitat jenis penyu yang hampir punah dan saat ini sangat dilindungi keberadaannya, yaitu penyu hijau. Sekarang penangkaran penyu hijau tersebut telah pindah ke pulau Penyu di Tanjung Benoa. Di Pantai Kuta sendiri saat ini ada suatu tempat penangkaran penyu, namun merupakan jenis penyu Olive Ridley.
 antai Kuta merupakan sebuah pantai yang berada di kecamatan Kuta (tepatnya di Desa Kuta), yang merupakan bagian dari Kabupaten Badung di provinsi Bali. Pantai Kuta berada di sisi sebelah barat dari Jalan Pantai Kuta. Pada sisi timur jalan ini merupakan lokasi pusat perbelanjaan serta hotel-hotel terkenal Bali seperti Beachwalk Mall Bali, Hard Rock Hotel Bali, Starbucks KutaBEX, Best Western Kuta Beach serta hotel maupun tempat belanja keren lainnya. Pantai Kuta ini berbatasan langsung dengan Pantai Legian di sebelah utaranya. Sedangkan di sebelah selatan, meskipun tidak berbatasan langsung, ada Pantai Tuban (terus lagi ke Pantai Jerman/Segara).

Lokasinya terletak tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai, jika tidak terkena macet maka hanya membutuhkan 8 – 12 menit perjalanan dari Bandara ke Pantai Kuta ini (jarak tempuh kurang lebih 4 – 5 km ke arah utara). Jika dari arah terminal Ubung ke Pantai Kuta, anda bisa naik taksi atau ojek dengan menempuh perjalanan selama 30 – 40 menit perjalanan ke arah selatan.
 Pantai Kuta terkenal karena karakteristik ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar, apalagi kondisi pantai yang lebih di dominasi pasir tanpa batu karang, tentunya akan sangat cocok untuk para peselancar pemula untuk berselancar di pantai terkenal Bali ini. Para peselancar internasional pun sering menjadikan pantai Kuta sebagai tempat mereka latihan maupun tempat perlombaan.
Untuk berselancar di Pantai Kuta ini, siapapun punya kesempatan untuk melakukannya, oleh karena banyak disewakan papan surfing dengan berbagai macam tipe dan kualitasnya di sekitar pantai. Pemandu juga banyak di sini, dimana para pengunjung yang baru pertama kali belajar bisa memanfaatkan jasa pemandu surfing.
Keistimewaan lainnya dari Pantai Kuta adalah saat laut surut di sore hari menjelang sunset, dimana akan terlihat hamparan pasir putih yang sangat luas dan panjang dengan pemandangan matahari terbenam yang eksotis. Memang Pantai Kuta akan terlihat biasa-biasa saja saat siang hari, akan tetapi anda tidak boleh melewatkan suasana sore hari menjelang sunset di sini. Pemandangan yang terlihat akan benar-benar memanjakan mata anda, suasananya juga sangat cocok untuk berjalan keliling, main pasir, main air laut, duduk santai, berjemur dan lain sebagainya.
Ombak di pantai ini cukup besar terutama saat laut pasang, sehingga anak kecil yang ingin mandi air laut atau berenang sangat membutuhkan penjagaan yang ketat dari orang tuanya. Orang tua dapat mengarahkan anak-anaknya untuk melakukan hal lainnya seperti membuat istana pasir atau mencari binatang laut yang terhempas ombak ke pantai saat laut surut.

0 comments:

Popular Posts

 

IMPIAN MONALISA Published @ 2014 by Ipietoon